Cara Upgrade Android yang Direkomendasikan

2 Cara Upgrade Android yang Direkomendasikan

Apakah kamu sudah mengetahui cara upgrade Android? Terutama kamu sekalian yang memiliki smartphone atau telepon pintar berbasis Android. Sudah seharusnya kamu mengupgradenya agar lebih canggih dan modern.

Sistem operasi Android di smartphone memang terus diupgrade oleh pihak developernya. Tujuannya agar semakin modern dengan banyak fitur menarik di dalamnya. Telepon pintar dengan sistem operasinya lebih canggih karena menyesuaikan perkembangan zaman.

Jika tidak mempraktikkan cara upgrade Android, smartphonenya masih menggunakan sistem operasi lama yang sudah ketinggalan zaman. Telepon pintar dengan fungsi untuk menelpon dan mengirim pesan saja tidak untuk fungsi lainnya.

Bagaimana Cara Upgrade Android yang Direkomendasikan?

Ada caranya yang direkomendasikan dan harus kamu ketahui. Dengan begitu, kamu dapat mempraktikkannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Tidak perlu ke konter HP untuk melakukannya karena sudah bisa sendiri.

Kamu yang sudah pernah melakukannya tentu bisa mempraktikkannya dengan mudah. Minimal kamu pernah mengunduh dan menginstal aplikasi di smartphone. Beberapa langkah atau cara upgrade Android seperti diuraikan berikut.

Cara Upgrade Android yang Direkomendasikan

1.    Over the Air (OTA)

Salah satu cara mengupgrade OS Android di smartphone. OTA dapat diartikan jaringan internet di saluran udara, seperti Wifi atau sejenisnya. Dengan koneksi internet tersebut, kamu bisa mengupgrade Android.

Caranya, silahkan masuk ke menu Setting, lalu pilih About Phone atau tentang telepon. Setelah itu, klik Update yang bertujuan untuk mengupdate atau membuat baru aplikasi tertentu.

Kamu bisa mencari aplikasi yang perlu diupdate dan diupgrade. Setelah itu, klik Update untuk mengetahui aplikasi apa saja di smartphone kamu yang perlu diperbarui. Jika ada pilihan OS Android disitu, pilih saja agar bisa segera diupgrade.

Selanjutnya, klik Instal saja agar proses pengunduhan dan penginstalan Android terbaru berlangsung. Tunggu saja hingga prosesnya selesai karena biasanya sistem komputerisasi di smartphone akan merestart secara otomatis.

Selesai merestart, kamu sudah memiliki smartphone dengan upgrade Android terbaru. Silahkan kamu mempelajari beberapa fitur baru di dalamnya.

2.    Google PlayStore

Cara upgrade Android lainnya yaitu langsung mengunduh dan menginstalnya dari PlayStore secara gratis. Kamu yang sudah pernah atau sering melakukannya tentu bisa mempraktikkannya dengan mudah.

Caranya, kamu siapkan dulu smartphonenya dan sudah terkoneksi dengan jaringan internet. Setelah itu, buka fasilitas PlayStore yang biasanya sudah terinstal di smartphone Android. Buka saja dan tunggu hingga kolom pencariannya muncul.

Setelah itu, tuliskan di kolom pencarian Android terbaru. Tunggu beberapa saat hingga dimunculkan deretan aplikasi seperti yang kamu ketikkan tadi. Pilih saja aplikasi Android versi terbaru yang benar-benar cocok diunduh dan diinstal di smartphone kamu.

Selanjutnya, klik saja ikon aplikasinya untuk menuju halaman pengunduhan. Setelah muncul halamannya, pilih download atau unduh dan tunggu beberapa menit hingga prosesnya selesai. Proses pengunduhan dan penginstalan aplikasinya berjalan otomatis.

Sebaiknya kamu restart dulu smartphone tersebut setelah Android terbaru berhasil diunduh dan diinstal. Selesai direstart, kamu bisa langsung menggunakan smartphonennya. Silahkan coba menggunakan fitur-fitur barunya di sistem operasi Android terbaru.

Berikut Mengetahui Keuntungan Mengupgrade Android

Sudah disinggung diatas mengenai salah satu keuntungan atau manfaat mengupgrade Android di smartphone. Kamu bisa menggunakan beragam fitur canggih baru di dalamnya. Fitur-fitur yang pastinya belum ada di sistem operasi sebelumnya.

Cara Upgrade Android yang Direkomendasikan

Dengan begitu, aktifitas kamu terutama saat menggunakan telepon pintar akan semakin menarik. Bukan hanya untuk urusan pekerjaan atau perkantoran saja, tetapi juga hiburan yang mengasikkan.

Keuntungan lainnya mempraktikkan cara upgrade Android, yaitu smartphone kamu memiliki sistem operasi terbaru. Sistem operasi Android terbaru dan terkini yang mungkin belum banyak pengguna smartphone mengaplikasikannya.

Namun demikian, kamu perlu menyesuaikan spesifikasi Android terbaru yang ingin diinstal tersebut dengan smatphonennya agar benar-benar sesuai. Jangan sampai sistem operasi Android terbaru diinstal di spesifikasi smartphone menengah ke bawah.

Hal tersebut tidak sesuai dan bisa menjadikan gadgetnya bermasalah. Kamu yang masih belum memahaminya bisa berkonsultasi dengan orang atau pihak yang lebih kompeten.

Sekarang, kamu sudah mengena, mengetahui, dan memahami upgrade Android untuk smartphone yang direkomendasikan. Oleh karenanya, jangan menunggu lebih lama lagi untuk mempraktikkan cara upgrade Android tersebut.