Kenali Jenis Screen Protector HP Beserta Fungsinya

Kenali 5 Jenis Screen Protector HP Beserta Fungsinya

Jenis screen protector HP saat ini sudah sangat banyak. Lapisan untuk LCD ini merupakan salah satu komponen pelindung yang tidak boleh diabaikan. Bahkan, fungsinya tidak kalah penting dari casing.

Seperti namanya, fungsi dari screen protector adalah untuk melindungi layar agar terhindar dari goresan dan retakan. Seperti yang diketahui bahwa layar smartphone merupakan bagian paling sensitif.

Jika bagian tersebut rusak, biaya yang harus dikeluarkan cukup mahal oleh sebab itu kamu harus melindunginya sebisa mungkin. Meski terlihat sama, nyatanya pelindung layar ini memiliki berbagai jenis dengan fungsi utamanya masing-masing.

Dengan demikian, kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Oleh sebab itu, pada pembahasan kali ini kami akan mengenalkan kamu kepada beragam jenis screen protector.

Berbagai Jenis Screen Protector HP dan Fungsinya

Screen protector merupakan lapisan gelas yang dipasang untuk melapisi layar HP. Dulu, komponen ini disebut juga sebagai anti gores. Tapi, sekarang fungsinya bukan hanya sebagai anti gores dan jauh lebih luas lagi.

Penggunaan screen protector sebenarnya tidak wajib dan hanya sebagai pelindung tambahan. Hanya saja, ada beberapa orang yang kurang berhati-hati saat menggunakan HP.

Bahkan tidak jarang mereka menjatuhkan atau membanting HP baik disengaja maupun tidak disengaja. Hal ini tentunya membua layar gadget berisiko retak hingga pecah.

Untuk menghindari hal tersebut, pengguna smartphone perlu melindungi layarnya menggunakan jenis screen protector HP. Tidak hanya untuk melindungi, banyak juga jenis dengan fungsi berbeda-beda di antaranya:

Kenali Jenis Screen Protector HP Beserta Fungsinya

  1. Tempered Glass

Tempered glass merupakan pelindung layar yang terdiri dari beberapa lapisan. Lapisan pertama yang menempel dengan layar berbahan silikon. Material ini lebih empuk dan mampu menahan tekanan pada layar.

Lapisan selanjutnya adalah PET film yang terlihat jernih. Sehingga layar memiliki tampilan menarik. Lapisan berikutnya adalah tempered glass, dan terakhir adalah coating untuk menghindari goresan.

Tempered glass merupakan screen protector yang paling mudah ditemukan, baik di offline store maupun online store. Fungsi utamanya adalah melindungi dari benturan, baik dari benda tumpul maupun benda tajam.

  1. Anti Spy

Bagi kamu yang menjunjung tinggi privasi, maka sangat cocok untuk menggunakan screen protector HP anti spy. Dengan menggunakan anti spy, tidak perlu khawatir jika orang di sebelah mengintip kegiatan kamu di smartpone.

Untuk melihat layar HP dengan jelas, seseorang harus berada di posisi yang sejajar. Semakin miring posisi melihat, maka layar semakin tidak terlihat jelas.

Jenis ini mulai banyak diminati karen maraknya kasus pencurian data pribadi atau kegiatan menguntit. Dengan menggunakan screen protector ini, orang asing tidak akan mudah melihat informasi dari HP kamu.

  1. Anti Glare

Anti glare meruakan pelindung layar HP yang mampu mengurangi pantulan cahaya pada layar smartphone. Saat membuka HP di tempat terbuka yang memiliki intensitas pencahayaan tinggi, tidak jarang layar HP memantulkan cahaya.

Cahaya tersebut bisa membuat silau, bahkan tidak nyaman saat menggunakannya. Dengan jenis screen protector HP ini, kamu tidak perlu lagi khawatir akan kesilauan saat membukanya HP di luar ruangan.

Keunikan lain dari pelindung layar ini adalah dapat mengurangi risiko menempelnya minyak ke layar. Terutama minyak dari wajah sehabis kamu menelfon. Hal ini membuat layar tampak selalu bersih.

Kenali Jenis Screen Protector HP Beserta Fungsinya

  1. Nano Liquid Protector

Nano liqud rotetor atau sering juga disebut sebagai hydrogel merupakan pelindung layar yang berbentuk cairan. Karena bentuknya yang cair, maka cara penggunaannya cukup unik.

Yaitu dengan dituangkan pada layar HP, lalu diratakan. Nantinya, cairan akan mengeras dan membentuk lapisan bening pelindung layar. Tingkat ketahananya sangat tinggi dan bisa bertahan hingga bertahun-tahun.

Namun pelindung ini hanya bekerja pada layar yang memang terbuat dari kaca. Jadi, jika kamu berniat menggunakannya, pastikan material pembentuk layar HP ada dari kaca.

  1. Mirror

Jenis screen protector HP selanjutnya adalah mirror yang sangat cocok digunakan oleh kaum hawa. Sebab selain dapat melindungi layar, screen protector ini berguna untuk untuk bercermin.

Jadi, kamu tidak perlu lagi repot-repot membawa cermin ke mana saja. Cukup menggunakan pelindung layar ini, maka HP kamu bisa berfungsi sebagai cermin.

Selain itu, pelindung layar ini juga dapat berfungsi sebagai anti spy. Sebab, orang lain tidak akan dapat melihat isi HP kamu dari samping.

Melindungi layar merupakan salah satu usaha agar HP tetap awet dan tidak rusak. Kamu bisa melindungi layar dengan memilih berbagai jenis screen protector HP sesuai kebutuhan.