7 Ciri HP Disadap yang Harus Kamu Ketahui dan Waspadai

7 Ciri HP Disadap yang Harus Kamu Ketahui dan Waspadai

Ternyata, ada beberapa ciri HP disadap oleh orang atau pihak lain. HP atau smartphone yang sudah umum digunakan banyak orang untuk berkomunikasi juga bisa disadap. Penyadapan dilakukan tanpa diketahui oleh pemilik HP.

Tujuan penyadapan untuk mengetahui informasi dari percakapan telepon, pesan singkat, dan penggunaan aplikasi lainnya. Semua itu dilakukan secara sembunyi-sembunyi, sehingga pemilih smartphone tidak mengetahuinya.

Namun demikian, ada beberapa ciri HP disadap yang harus kamu ketahui. Dengan mengetahuinya, kamu bisa mengantisipasi aksi penyadapan tersebut agar tidak terus berlanjut. Informasi yang satu ini benar-benar menarik untuk disimak.

Ciri HP Disadap yang Harus Kamu Ketahui

Aksi penyadapan handphone memang bisa terjadi kapan dan dimana saja. Biasanya, aksi tersebut dilakukan oleh aparat keamanan untuk menyelidiki kasus tertentu. Namun sekarang, penyadapan HP bisa dilakukan oleh banyak orang dengan target seperti yang diinginkan.

Kamu harus mewaspadainya agar tidak dirugikan di kemudian hari atas tindakan tersebut. Hal itu dikarenakan kamu bisa saja disadap smartphonennya dengan tujuan tindakan kriminal. Berikut ciri HP disadap yang harus kamu ketahui informasinya.

7 Ciri HP Disadap yang Harus Kamu Ketahui dan Waspadai

1.    Daya Baterai Cepat Habis

Kamu merasa daya baterai smartphone cepat habis, meskipun pemakaian sehari-hari normal saja. Silahkan dicek kondisi baterainya mungkin sudah rusak atau perlu diganti. Namun jika kondisinya baik-baik saja, bisa jadi HP milik kamu disadap orang lain.

Hal itu dikarenakan penggunaan HP bukan hanya dilakukan oleh kamu sendiri. Namun, ada orang lain yang berhasil menyadap dan beraktifitas di HP tersebut tanpa sepengetahuan kamu. Dengan begitu, daya baterai memang cepat habis.

2.    Volume Suara Tidak Stabil

Volume suara di HP saat mendengarkan sesuatu naik turun atau tidak stabil. Apalagi saat kamu sedang menelpon orang lain bisa mengetahuinya lebih jelas. Jika kondisi smartphone baik-baik saja, berarti memang ada yang tidak beres.

Lebih baik kamu langsung mematikan smartphone tersebut dan mencabut SIM card di dalamnya karena kemungkinan sudah disadap orang lain. Setelah beberapa saat, pasang lagi SIM card dan nyalakan Hpnya untuk memastikan suaranya masih naik turun atau tidak.

3.    Pesan Masuk Sudah Terbaca Semua

Inilah ciri HP disadap berikutnya yang harus kamu waspadai. Ada beberapa pesan singkat (SMS) atau di aplikasi percakapan, seperti WhatsApp masuk. Namun anehnya, kamu belum merasa membacanya, tetapi sudah ditandai dibaca.

Keanehan tersebut patut dicurigai karena bisa jadi smartphone kamu sudah berhasil disadap orang lain. Dengan begitu, semua pesan masuk yang seharusnya hanya kamu sendiri membuka dan membacanya. Akan tetapi, sang penyadap juga berhasil membacanya.

4.    Mendengar Berisik atau Suara Menggema saat Menelpon

Hal tersebut bisa diketahui saat kamu menelpon orang lain. Ada suara-suara berisik yang ternyata buka milik kamu atau orang yang ditelpon. Kemungkinan suara tersebut milik orang yang menyadap HP kamu.

Suaranya memang kecil dan samar-samar, tetapi sangat mengganggu saat sedang menelpon seseorang. Kamu yang mengalami hal tersebut sebaiknya langsung mematikan HP karena kemungkinan besar sudah disadap orang.

7 Ciri HP Disadap yang Harus Kamu Ketahui dan Waspadai

5.    Sinyal HP Lemah

Sinyal HP tersebut bukan karena posisi sedang di lokasi terpencil atau perbatasan. Namun, kondisi tersebut bisa jadi sengaja dibuat oleh orang yang menyadap smartphone kamu. Dengan begitu, kamu akan sulit berkomunikasi melalui HP tersebut.

6.    Kuota Internet Cepat Habis

Ciri HP disadap berikutnya, yaitu kuota internet cepat habis. Padahal kamu menggunakan smartphone tersebut normal dan wajar saja. Jika seperti itu, kemungkinan besar HP kamu sudah disadap orang lain.

Orang yang menyadap tersebut juga menggunakan kuota internet di HP kamu untuk mengakses segala sesuatu di dalamnya. Jika seperti itu, kamu pasti sangat dirugikan.

7.    Aplikasi Baru Terinstal Sendiri

Kamu tidak merasa mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut di smartphone. Akan tetapi, tiba-tiba saja sudah terpasang di HP. Hal tersebut patut dicurigai karena aplikasinya bisa jadi digunakan untuk menyadap smartphone kamu.

Sebaiknya langsung uninstal aplikasinya, lalu matikan HPnya. Langkah tersebut untuk mengantisipasi hal-hal negatif.

Kamu sekalian yang mungkin pernah mengalami salah satu atau lebih ciri di atas, sepertinya perlu mewaspadainya. Tidak kemungkinan smartphone kamu sudah disadap. Oleh karenanya, perlu mengetahui ciri HP disadap agar bisa menghindar dari tindak kejahatan.