7 Tips Hemat Baterai HP yang Ampuh dan Direkomendasikan

7 Tips Hemat Baterai HP yang Ampuh dan Direkomendasikan

Ternyata ada beberapa tips hemat baterai HP yang cukup ampuh dipraktikkan. Dengan mempraktikkan caranya, kamu bisa menghemat pemakaian baterai setiap hari meskipun sering menggunakannya.

Kamu sebagai pemilik sekaligus pengguna HP atau smartphone harus mengetahui cara-caranya yang direkomendasikan tersebut. Selanjutnya, silahkan mempraktikkan salah satu atau lebih caranya agar bisa menghemat baterai HP.

Jadi, daya baterai smartphone kamu bisa lebih awet saat digunakan dalam aktifitas keseharian. Misalnya, untuk menelpon, mengirim pesan singkat, dan menggunakan beragam aplikasi lainnya.

Cara Hemat Baterai HP yang Direkomendasikan

Ada beberapa caranya yang direkomendasikan untuk kamu ketahui, lalu dipraktikkan dalam kehidupan keseharian. Salah satu atau lebih caranya mungkin sudah kamu praktikkan sehari-hari. Jika seperti itu, kamu memang sudah mengenal dan memahaminya.

Selanjutnya, kamu bisa mempraktikkan cara hemat baterai HP lainnya. Dengan begitu, daya baterai di smartphone kamu akan semakin awet saat digunakan. Untuk lebih jelas dan lengkap mengenai cara dan tipsnya, silahkan disimak uraian berikut.

7 Tips Hemat Baterai HP yang Ampuh dan Direkomendasikan

1.    Memakai Charger Original atau Asli

Charger original yang dimaksud, yaitu bawaan pabrikan saat kamu membeli HP tersebut dalam kondisi baru atau bekas. Salah satu kelengkapan saat membelinya, yaitu charger yang berfungsi untuk mengisi daya baterai saat lowbath.

Charger original dengan merk sama dengan smartphone tersebut yang direkomendasikan untuk digunakan. Hal itu dikarenakan spesifikasinya dibuat khusus untuk mengisi daya dari HP dengan merk tertentu. Dengan begitu, pengisian dayanya lebih cepat dan lebih awet.

2.    Hindari Daya Baterai 0 Persen

Inilah tips hemat baterai HP berikutnya yang seharusnya kamu lakukan mulai dari sekarang. Jangan sampai telepon pintar yang kamu miliki daya baterainya habis atau kosong sama sekali hingga 0 persen. Setelah itu, kamu baru mengisi dayanya dengan charger.

Cara semacam itu hanya akan membuat baterai HP cepat rusak. Hal itu dikarenakan baterai terlalu lama mendapat tegangan listrik dari charger hingga kondisinya panas. Jangan sampai kamu melakukannya agar baterainya tidak cepat rusak.

3.    Membersihkan Sampah di Smartphone

Sampah di HP bisa berwujud file foto, dokumen, video, atau yang lainnya. Sampah yang terlalu banyak akan menjadikan smartphone bekerja ekstra keras, sehingga membutuhkan daya baterai lebih banyak. Akibatnya daya baterainya akan cepat habis.

Oleh karena itu, bersihkan sampah-sampah di dalam smartphone kamu dengan mengaplikasikan Clear Cache. Kamu bisa menemukan menunya di File Manager. Minimal seminggu sekali aplikasikan Clear Cache agar kinerja gadget meningkat.

4.    Mengisi Daya Baterai 30 – 80 Persen

Inilah salah salah satu tips hemat baterai HP yang mungkin belum diketahui banyak orang. Baterai Lithium yang biasanya digunakan di berbagai HP kapasitas dayanya akan menurun saat terlalu lama dialiri tegangan listrik saat charging.

Jangan heran jika kamu mengisi baterai hingga 100 persen, tetapi dayanya lebih cepat habis meskipun penggunaannya masih normal. Maka dari itu, direkomendasikan kamu mengisi daya baterai maksimal 80 persen saja agar lebih awet.

7 Tips Hemat Baterai HP yang Ampuh dan Direkomendasikan

5.    Buang Aplikasi yang Tidak Digunakan

Langkah berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk menghemat baterai, yaitu membuang aplikasi-aplikasi yang tidak bermanfaat. Aplikasi yang jarang digunakan, sehingga hanya menjadikan kinerja smartphone berat dan lama.

Kondisi seperti itu hanya menjadikan boros daya baterai. Oleh karenanya, kamu pilih saja aplikasi yang tidak berguna, lalu uninstal agar bisa dibuang segara. Langkah semacam itu lebih bijaksana untuk dilakukan.

6.    Hindari Fitur Beranimasi

Ada cukup banyak fitur animasi di game, sosial media, hingga aplikasi percakapan. Semua fitur beranimasi cukup besar ukuran filenya karena bergerak. Hal tersebut juga menjadikan kinerja HP semakin berat, sehingga membutuhkan daya baterai lebih banyak.

Daya baterai smartphone kamu akan cepat habis terutama saat mengaplikasikan fitur-fitur beranimasi tersebut. Maka dari itu, lebih baik didelete atau dibuang saja untuk hemat baterai HP.

7.    Fitur Power Saving Mode

Cara yang satu ini juga bisa menghemat daya baterai HP, yaitu mengaktifkan fitur Power Saving Mode atau mode menghemat daya. Biasanya fitur ini ada di smartphone berbasis Android maupun iOS keluaran terbaru.

Silahkan kamu periksa sendiri smartphone masing-masing untuk mengetahui ada tidaknya fitur tersebut. Jika ada, aktifkan saja untuk bisa menghemat baterai smartphone.

Beberapa cara menghemat baterai smartphone sudah kamu ketahui, setelah membaca uraian diatas. Selanjutnya, praktikkan tips-tips hemat baterai HP tersebut sekarang juga.