Wajib Kamu Coba 8 Cara Mengatasi HP Kemasukan Air Berikut

Wajib Kamu Coba 8 Cara Mengatasi HP Kemasukan Air Berikut

Cara efektif mengatasi HP kemasukan air, terlebih saat ini adalah musim penghujan yang terkadang HP tidak sengaja terkena air. Ini menjadi problem bagi kamu yang tidak bisa mengatasinya secara cepat.

HP yang terkena air terlalu lama, bisa menyebabkan kerusakan yang sangat parah, bahkan HP tidak dapat hidup lagi. Oleh karena itu kamu harus mengetahui cara menyelamatkannya.

HP terkena air memang menjadi peristiwa menyebalkan, terlebih saat genting untuk digunakan ternyata HP tidak bisa. Walaupun beberapa ponsel dilengkapi dengan kemampuan tahan air, tetapi ponsel yang terkena air tetap mengkhawatirkan.

Cara Efektif Mengatasi HP Kemasukan Air

Kamu bisa menggunakan beberapa cara agar ponsel bisa selamat, cara ini sederhana dan mudah untuk dilakukan secara mandiri, tidak perlu dibawa ke konter ponsel apabila masih belum terlanjur tidak bisa hidup, cara tersebut yaitu:

Wajib Kamu Coba 8 Cara Mengatasi HP Kemasukan Air Berikut

  1. Matikan HP

Saat terkena air usahakan HP segera dimatikan, biasanya ponsel yang terkena air akan cepat menyebar ke komponen yang lainnya. Hal ini dapat membahayakan karena dalam ponsel tersusun komponen kecil yang mudah rusak.

Oleh karena itu cara aman pertama adalah mematikan HP secara langsung, agar tidak terjadi konslet diantara komponen ponsel yang memiliki aliran listrik didalamnya. Air bisa membahayakan listrik yang terhubung dalam HP.

  1. Cek LCD

Selanjutnya keringkan bagian sisi LCD dengan kain atau tisu, agar air yang ada diluar ponsel tidak merambah masuk kedalam. Sehingga meminimalisir air yang masuk terlalu banyak dalam ponsel.

LCD jika dibiarkan basah akan menumbuhkan bercak yang mengganggu, bercak ini tidak bisa hilang sehingga mau tidak mau kamu harus mengganti LCD. Susunan materi LCD yaitu filamen lunak, yang tidak tahan terhadap air.

  1. Jangan Menekan Tombol sembarangan

Cara efektif mengatasi HP kemasukan air yaitu, kamu jangan menekan tombol sembarangan, cukup tekan tombol untuk mematikan ponsel saja. Dikhawatirkan apabila kamu terlalu berlebihan menekan tombol air akan semakin banyak yang masuk.

Poin ini sebenarnya tidak untuk HP modern layar sentuh, karena tidak memililki tombol yang banyak seperti HP lama. Namun Hp terbaru juga memiliki tombol power dan volume suara yang tidak boleh sembarang tekan pula.

  1. Keluarkan semua komponen Hp

Setelah kamu mematikan HP, kamu bisa mengeluarkan komponen yang ada, seperti memori card, SIM card dan baterai jika bisa dilepas. Selanjutnya bisa kamu keringkan dengan kain atau tisu.

Tahap awal ini harus kalian lakukan, agar air tidak terus merembes ke dalam mesin HP yang menyebabkan kerusakan semakin parah dan agar ponsel bisa digunakan kembali.

Wajib Kamu Coba 8 Cara Mengatasi HP Kemasukan Air Berikut

  1. Tidak digoyang-goyangkan

Mengatasi HP kemasukan air jangan digoyang-goyangkan, hal ini dapat menyebabkan air masuk ke komponen yang lebih luas. Mungkin kamu berpikir bahwa menggoyang-goyangkan HP akan menyebabkan air cepat keluar namun pendapat itu justru salah.

  1. Jangan dijemur dibawah terik matahari langsung

HP ternyata juga tidak bersahabat dengan terik matahari secara langsung, menjemur HP tidak membuat air di dalam kering. Justru terik matahari secara langsung dapat merusak komponen yang ada di dalamnya.

  1. Tidak perlu menggunakan hair dryer

Mengatasi HP kemasukan air dengan hair dryer juga tidak disarankan dilakukan, panas hair dryer seperti matahari yang dapat merusak komponen yang ada di dalam ponsel kamu.

Panas yang berlebihan dari hair dryer akan menaikkan suhu pada komponen listrik di dalam HP, ketika terlalu panas komponen akan terbakar dan mudah konslet. Kamu bisa menggunakan cara yang lain.

  1. Rendam dengan beras, Silica Gel, dan Vacuum Cleanser USB

Beras dapat mengatasi HP kemasukan air yang popuer digunakan, tidak hanya mudah dicari dan mudah menyerap air dengan cepat. Rendam HP kamu dalam beras dengan waktu 2-3 hari untuk memastikan air didalam benar-benar kering.

Cara selanjutnya dengan, Silica Gel, ada keuntungan lebih saat menggunakan silica gel, yaitu tidak menyebabkan pengembunan. Kamu haya cukup meletakkan HP pada tumpukan silica selama 2-3 hari.

Vacuum cleanser USB, juga dapat kamu gunakan untuk mengeringkan HP, cara ini dapat menarik air dalam HP. Tetapi pastikan bagian-bagian kecil seperti SIM card, dan micro SD sudah dikeluarkan,

Beberapa cara yang dapat kamu lakukan ketika HP kemasukan air, cara yang efektif dapat dilakukan sendiri di rumah. Apabila dengan cara mengatasi HP kemasukan air di atas HP kamu tidak bisa digunakan, segera datang ke konter terdekat.