Apa Itu Teknologi E-SIM yang Diinginkan Steve Jobs

Apa Itu Teknologi E-SIM yang Diinginkan Steve Jobs?

Pernahkah mendengar apa itu teknologi e-sim yang sudah diterapkan pada iphone XS dan XS Max sebelumnya. Bukan benar-benar teknologi terbaru, namun masih belum banyak dikenal oleh banyak orang.

Apa itu tentang teknologi e-SIM adalah kemajuan yang dapat menggeser posisi SIM Card. Karena eSIM tidak perlu menggunakan lagi adanya kartu SIM yang saat ini masih digunakan dan slot pada hand phone nya untuk memasukkan kartu SIM.

Impian menciptakan iphone dengan desain polos tanpa lubang sebenarnya sudah menjadi keinginan dari Steve Jobs, dan akhirya keinginan mendiang pendiri apple ini sudah terwujud melalui e-SIM.

Apa itu Teknologi E-SIM, berikut ini penjelasan lengkapnya

Apa Itu Teknologi E-SIM yang Diinginkan Steve Jobs

eSIM sudah diterapkan pada Iphone XS dan XS Max, sebenarnya teknologi ini bukanlah teknologi paling baru. Sebenarnya sudah pernah diterapkan juga pada smartphone google pixel 2 dan juga smartwatch samsung gear 2.

Tetapi masih banyak yang penasaran mengenai apa itu teknologi E-SIM karena diterapkan pada salah satu brand HP paling banyak dicari di seluruh dunia IPHONE. eSIM ini merupakan singkatan dari embedded-SIM yang maksudnya sudah ditanamkan pada perangkat smartphonenya.

Jadi HP yang telah diterapkan teknologi ini tidak memiliki slot untuk SIM Card karena tidak diperlukan lagi kartu tersebut. Yang dibutuhkan untuk membuatnya aktif hanyalah operator yang sudah mendukung eSIM.

Di Indonesia sendiri operator yang sudah mendukung layanan ini masih bisa dihitung dengan jari. Provider yang sudah mendukung teknologi ini antara lain adalah Smartfren sejak tahun 2019 dilanjutkan oleh Telkomsel.

Sedangkan yang lainnya masih berada pada tahap uji coba untuk bisa memaksimalkan layanan masa depan tersebut. Konsep ini sebenarnya sudah dipikirkan oleh mendiang Steve Jobs salah satu tokoh pendiri Apple.

Jobs adalah salah satu pihak yang sangat menentang pada awal terbuatnya Iphone untuk menempatkan slot sim card. Steve jobs menginginkan untuk membuat iphone generasi pertama yang polos tanpa ada lubang apapun.

Cerita ini telah disampaikan oleh mantan SVP divisi Ipod Tony Fadeli, Jobs telah membicarakan hal ini pada insinyur dan desainer yang mengerjakan projek iphone pertama. Namun saat itu belum diciptakan apa itu teknologi e-sim yang disarankan oleh Steve Jobs.

Melainkan ia meminta untuk menerapkan sistem inject kartu CDMA, namun saat itu Fadel sendiri yang menentangnya karena cakupan pasar jika menggunakan CDMA lebih sedikit dibandingkan dengan GSM.

Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, keinginan jobs untuk menciptakan iphone dengan lubang seminimal mungkin sudah dapat terwujud karena sudah mengerti mengenai teknologi e-sim melalui Iphone XS dan XS Max karena sudah menerapakan dual e-sim.

Kelebihan Teknologi E-SIM daripada SIM Card Biasanya

Setelah mengetahui bagaimana cara kerja dari esim, kamu pasti penasaran kelebihan dari esim dibandingkan dengan sim card standar yang saat ini masih banyak digunakan. Berikut ini kelebihan dari apa itu teknologi e-sim.

Apa Itu Teknologi E-SIM yang Diinginkan Steve Jobs

  1. Membuat perangkat antiair semakin mudah

Perusahaan menjadi merasa dimudahkan setelah menerapkan konsep teknologinya jika akan memproduksi perangkat anti air. Karena disebabkan tidak perlu lagi membuat slot SIM Card yang rentan jika terkena air sedikit saja.

  1. Komponen besar ditiadakan

Dengan mengetahui konsep apa itu teknologi e-sim, membuat perusahaan tidak perlu memasang slot SIM Card dan juga komponen-komponen besar yang biasanya dibutuhkan saat membuat perangkat untuk mengaktifkan SIM Card selain slot.

  1. Lebih gampang untuk mendaftarnya

Kelebihan lainnya setelah mengetahui teknologi e-sim selanjutnya adalah lebih gampang untuk mendaftarnya atau saat ingin ganti operator. Karena kamu hanya perlu melakukan scan QR Code atau install operator lainnya tanpa harus beli kartu fisiknya terlebih dahulu dan mendaftarnya lagi secara manual.

  1. Ukuran komponen kecil

Kelebihan lainnya dari apa itu teknologi e-sim adalah ukuran komponennya yang kecil. Hal ini membuat perusahaan atau produsen HP bisa memanfaatkan ruang ekstra yang biasanya ditujukan untuk Slot SIM Card untuk komponen lain atau untuk menghadirkan fitur terbaru lainnya.

Cara penggunaan dari teknologi e-sim juga terbilang mudah. Karena kamu hanya harus membeli nomernya berbarengan saat membeli smartphone, mengganti operatornya juga terbilang mudah.

Caranya cukup lakukan scan QR code untuk operator itu sendiri saja, setelah itu penggunaannya akan sama saja seperti slot SIM Card biasanya. Apa itu teknologi e-SIM menjadi salah satu teknologi yang saat ini masih terus dikembangkan, dan bukannya tidak mungkin SIM Card akan perlahan berganti dengan eSIM.