5 Chipset HP untuk Gaming yang Paling Mumpuni Saat Ini

5 Chipset HP untuk Gaming yang Paling Mumpuni Saat Ini

Chipset HP untuk gaming saat ini sudah banyak sekali jenisnya dan selalu mengalami perkembangan setiap harinya. Menariknya setiap brand HP memiliki chipset gaming dengan spesifikasi masing-masing yang sama-sama canggih.

Chipset atau SoC merupakan chip silikon yang di dalamnya terdapat komponen kompleks penunjang kinerja Smartphone. Jika di PC atau laptop, chipset merupakan motherboard tapi dalam versi mininya.

Meski terlihat sangat kecil, di dalam chipset tersebut terdapat banyak komponen yang memiliki fungsi vital bagi smart phone. Misalnya CPU, GPU, memori, USB, sensor, manager processor, GPS, dan modem LTE.

Komponen tersebut jauh lebih banyak jika dibandingkan komponen pada komponen motherboard di komputer. Chipset untuk HP sendiri dibedakan berdasarkan jenis penggunaan.

Misalnya saja untuk HP gaming, maka chipset yang digunakan untuk kegiatan tersebut. Chipset gaming salah satu yang paling cepat berkembang, berikut adalah seri chipset gaming terbaru dan paling mumpuni.

Chipset HP untuk Gaming Terbaru Paling Mumpuni

Bisa dibilang, chipset merupakan pusat atau otak yang dimiliki oleh HP. Semakin baik kualitas chipset, maka semakin baik juga kemampuan HP tersebut. Begitu pula dengan chipset gaming.

Bagi kamu pencinta game, maka saat memilih HP pastikan pilih HP yang memiliki chipset khusus gaming dengan kemampuan mumpuni. Berikut ini adalah chipset HP gaming yang paling mumpuni saat ini:

5 Chipset HP untuk Gaming yang Paling Mumpuni Saat Ini

  1. Apple A15 Bionic

Apple A15 Bionic tidak saat ini memegang chipset gaming terbaik. Performanya ganas dengan sangat minim gangguan saat kamu in-game. Saat kamu menggunakan chipset ini dijamin ngebut.

CPU yang digunakan dalam chipset HP untuk gaming ini adalah hexa-core. CPU tersebut sudah dioptimasi oleh Apple secara maksimal. Untuk GPU, jenisnya tergantung dari seri iPhone yang kamu gunakan.

Yang paling canggih adalah di iPhone 13 dengan GPU penta-core. Menariknya lagi, Apple A15 Bionic merupakan chipset pertama dari Apple yang digunakan ada HP refresh tinggi.

  1. Apple A14 Bionic

Meski sudah ada Apple A15 Bionic, nyatanya Apple A14 Bionic masih layak diperhitungkan sebagai chipset gaming terbaik. Bahkan jika dibandingkan dengan chipset pada android.

Chipset HP untuk gaming ini dipersenjatai dengan CPU hexa-core. Arsitektur CPUnya sendiri adalah big.LITTLE. Artinya, chipset ini memiliki 2 core utama Firestorm dan 4 core icestorm.

Tugas dari firestorm adalah untuk menangani tugas berat seperti gaming. Sedangkan icestorm bertugas di background. Hal ini membuat HP tidak mudah mudah panas dan baterai tidak cepat habis.

  1. Qualcom Snapdragon 888 5G

Qualcom snap dragon 888 5G merupakah chipset gaming terbaik untuk HP android. Menariknya, Chipset ini menggunakan 3 jenis prosesor sekaligus. Prosesor tersebut adalah core kyro 680 prime, gold, dan silver.

Untuk bermain game prosesor yang akan menghandle adalah 1 core kyro 680 prime. Sedangkan prosesor lainnya menghandle tugas lainnya, sehingga bisa bekerja lebih efisien dan maksimal.

Chipset HP untuk gaming ini juga menjadi seri snapdragon pertama yang terintegrasi dengan modem 5G. Hal ini membuat kinerjanya jauh lebih ngebut dan mendukung memori internal mencapai 16 GB.

5 Chipset HP untuk Gaming yang Paling Mumpuni Saat Ini

  1. Samsung Exynos 2100

Setelah kontroversi pada tahun-tahun sebelumnya karena performa Exynos dirasa inferior dari snapdargon 888, kini chipset ini sudah bisa mengimbanginya. Secara umum, Exynos 2100 memiliki konfigurasi yang sama dengan snapdragon 888.

CPU yang digunakan pada chipset ini adalah octa-core. Kemudian, diperkuat dengan 1 core cortex-X1 sebagai prosesor utama, 3 core cortex-A78, dan 4 core cortex-A55 sebagai prosesor pendukung.

Perbedaan chipset HP untuk gaming ini dengan snapdragon 888 adalah GPU Exynos 2100 menggunakan GPU Mali-G78. Namun, Mali-G78 memiliki performa yang cukup tertinggal dari GPU Adreno 660.

  1. HiSilicon Kirin 9000

Sebenarnya HiSillicon sudah berhenti memproduksi chipset gaming untuk android semenjak 2020. Hanya saja, produk terakhirnya hingga saat ini masih patut diperhitungkan untuk bermain game.

Hal ini dikarenakan CPU yang digunakan adalah octa-core yang diperkuat dengan 4 core cortex-A77 dan 4 core cortex-A55. Salah satu dari core cortex-A77 dibekali dengan clockspeed lebih tinggi dari yang lainnya.

Sehingga, chipset ini mampu mengerjakan berbagai tugas intensif. Tidak hanya itu, chipset ini juga dibekali dengan fitur Performance Mode di beberapa ponsel Huawei. Meski demikian, fitur ini membuat baterai cepat habis.

Bermain game saat ini menjadi salah satu kegiatan favorit berbagai kalangan. Oleh sebab itu, smartphone dibekali dengan berbagai chipset HP untuk gaming yang mumpuni.