Mengenal Chipset Gadget Terbaik Lebih Ringan dan Responsif

Mengenal 3 Chipset Gadget Terbaik Lebih Ringan dan Responsif

Chipset gadget terbaik memang sedang gencar digunakan oleh produsen smartphone di seluruh dunia. Bila kamu perhatikan dengan seksama, chipset atau SoC menjadi bagian paling penting dalam sebuah perangkat elektronik yaitu ponsel pintar.

Sebelum memutuskan untuk membeli smartphone baru, tentu saja pengguna akan memperhatikan chipset yang dipakai oleh ponsel tersebut. Bisa dikatakan bahwa chipset ini merupakan otak dari ponsel yang sangat berpengaruh pada kinerja perangkat tersebut.

Dengan perangkat ponsel yang menggunakan chipset terbaru dan mumpuni, pengalaman kamu memakai smartphone akan lebih nyaman dan ringan. Sehingga segala macam aktivitas di dalam ponsel dapat bekerja dengan maksimal.

Daftar Chipset Gadget Terbaik dan Terbaru

Bagi kamu yang sedang mencari ponsel baru dengan chipset terbaik, tentunya harus memilih smartphone yang sudah dibekali oleh jenis chipset terbaru. Berikut ini ada daftar untuk chipset gadget terbaik yang layak untuk kamu miliki, antara lain :

Mengenal Chipset Gadget Terbaik Lebih Ringan dan Responsif

1.     Apple A15 Bionic

Chipset yang pertama ialah Apple A15 Bionic menjadi andalan untuk produk iPhone 13 series. Chipset satu ini diklaim oleh perusahaan Apple memiliki kemampuan yang begitu cepat, terlebih lagi jika digunakan untuk memproses data di dalam ponsel.

Hal tersebut dikarenakan chipset A15 ini mempunyai GPU atau unit pemrosesan grafis yang terbaru, mesin saraf dengan kinerja terbaik, serta berbekal teknologi AI guna menghasilkan foto yang jauh lebih baik lagi.

Chipset gadget terbaik dari Apple A15 Bionic ini masih menggunakan dua inti sistem pemrosesan kinerja tertinggi dan dibekali dengan empat inti untuk efisiensi. Hal tersebut hampir sama seperti chipset seri A14 Bionic, namun perbedaannya A15 Bionic ini mempunyai sebanyak 15 miliar transistor.

Jumlah transistornya pun memang lebih banyak dibandingkan dengan chipset A14 Bionic yang hanya berkisar 11 miliar transistor saja. Kemudian dari segi skor, chipset terbaru dari Apple ini mempunyai skot hingga 1.746 untuk single core, serta 4.772 untuk multicore.

2.     Snapdragon 8 Gen 1

Chipset gadget terbaik berikutnya ialah Snapdragon 8 Gen 1 yang telah hadir sebagai generasi lanjutan dari Snapdragon 888 maupun 888+. Kedua chipset sebelumnya ini menjadi kamulan bagi smartphone terbaru kelas atas.

Ditambah lagi dengan kemampuan CPU untuk Snapdragon 8 Gen ini memiliki peningkatan cukup signifikan sekitar 20 persen. Serta dapat melakukan penghematan daya baterai hingga 30 persen dibandingan dengan Snapdragon generasi sebelumnya.

Snapdragon 8 Gen 1 ini merupakan produksi chipset pertama yang sudah dibekali dengan CPU Armv9. Chipset gadget yang terbaik ini juga memiliki tiga klaster prosesor, untuk prosesor yang utama ialah Cortex-X2 mempunyai kecepatan hingga 3,0 GHZ.

Sementara itu dari segi GPU, chipset gadget terbaik Snapdragon sudah dihadirkan dengan GPU Adreno 730, yang mana GPU jenis ini diklaim oleh Qualcomm memiliki peningkatan grafis hingga 30 persen hingga mampu menghemat daya baterai sekitar 25 persen lho.

Untuk saat ini, cukup banyak smartphone kelas atas yang dibekali dengan chipset Snapdragon 8 Gen 1, di antaranya adalah Samsung Galaxy S22 dan Xiaomi 12 dan 12 pro. Produk ponsel tersebut kini sudah resmi masuk ke tanah air lho.

Mengenal Chipset Gadget Terbaik Lebih Ringan dan Responsif

3.     Dimensity 9000

Dimensity 9000 bisa dikatakan sebagai kompetitor yang mesti diwaspadai oleh produsen chipset papan atas seperti Samsung maupun Qualcomm. Hal tersebut dikarenakan Dimensity 9000 memiliki performa yang cukup bagus dan mampu bersaing dengan kompetitor lainnya.

Performa dari chipset gadget terbaik Dimensity 9000 dinilai berdasarkan pada hasil pengujian dengan skot 1.007.847 untuk Antutu 9. Kemudian pada skor Geekbench 5, hasilnya ialah 1.239 single core dan 4.168 multi core, hasil tersebut sedikit lebih tinggi daripada Snapdragon 8 Gen 1.

Dimensity 9000 merupakan jenis chipset yang menggunakan prosesor arsitektur Armv9. Jenis arsitektur satu ini tergolong terbaru bila dibandingkan dengan ARM versi 8 yang sekarang masih digunakan dalam produksi chipset Apple A14 Bionic.

Dimensity 9000 juga telah mendukung RAM dengan jenis LPDDR5x yang memiliki kecepatan hingga 75000 Mbps. Kemudian untuk modemnya sendiri, chipset ini pun sudah dilengkapi pula dengan modem 5G yang terintegrasi dengan downlink hingga 7Gbps.

Bagi para pengguna smartphone tentu saja mesti mempertimbangkan chipset yang digunakan pada ponselnya, chipset gadget terbaik di atas merupakan terobosan baru untuk ponsel kelas atas dan sudah hadir di Indonesia.