Mengenal Perbedaan iOS dan Android, Mana Lebih Unggul

Mengenal 6 Perbedaan iOS dan Android, Mana Lebih Unggul?

Perbedaan harga antara iOS dan Android memang sangat mencolok serta lebih banyak diketahui oleh para pengguna smartphone. Namun ternyata, ada hal lain yang dapat menjadi pembeda antara Android dan iOS jarang sekali dipahami oleh banyak orang.

Sebenarnya, kedua sistem operasi tersebut menjadi platform OS paling populer di dunia untuk saat ini, bahkan sudah terbukti mengalahkan BlackBerry, Windows Phone maupun OS yang lain.

Jadi, bagi kamu yang ingin membeli ponsel baru, sebelum menentukan pilihan alangkah baiknya cari tahu terlebih dahulu apa saja perbedaan dari kedua sistem OS ternama dunia tersebut. Simak langsung penjelasan dari kami di bawah ini.

Inilah Daftar Perbedaan iOS dan Android Harus Diketahui Pengguna

Di bawah ini ada sejumlah perbedaan antara iOS dan Android yang wajib diketahui oleh para pengguna smartphone. Berikut ini perbedaan yang bisa kamu rasakan dari Android dan iPhone, di antaranya sebagai berikut :

Mengenal Perbedaan iOS dan Android, Mana Lebih Unggul

1.     Dari segi kegunaan

Apple sebagai produsen dari iPhone telah menggunakan iOS sebagai sistem operasi eksklusif yang sudah didesain secara khusus. Sedangkan untuk Android ialah sistem operasi atau OS besutan dari Google yang kini telah banyak digunakan oleh berbagai macam merk ponsel di seluruh dunia.

Dengan menggunakan OS eksklusif ini, iPhone sangat cermat dan cenderung waspada ketika mengendalikan segala hal yang ada di dalam ponsel penggunanya. Lain halnya dengan Android yang lebih menawarkan kebebasan kepada para pengguna untuk bisa memodifikasi ponsel iOS dan Android sesuka hati.

2.     Dari segi kapasitas memori penyimpanan

Sedari awal, perusahaan Apple Inc. sudah menentukan kapasitas memori penyimpanan internal pada produk iPhone. Untuk sekarang, iPhone telah menyediakan penyimpanan memori internal dengan kapasitas sekitar 256GB dan tidak bisa kamu tambahkan secara manual menggunakan memori eksternal.

Berbeda halnya dengan smartphone Android yang memang sudah dilengkapi kapasitas memori penyimpanan internal tergolong cukup besar. Namun, OS Android pun bisa ditambahkan dengan memori eksternal bagi para penggunanya.

3.     Dari segi berbagi data pengguna

Bagi para pengguna iPhone bisa mengirimkan dan menerima data dengan cara memindahkannya secara manual melalui iTunes. Sebelum menggunakannya, terlebih dahulu kamu pasangkan iTunes ke perangkat PC ataupun laptop.

Seperti yang sudah diketahui, perbedaan iOS dan Android satu ini iPhone memang tidak dilengkapi dengan teknologi Bluetooth sebab dipercaya bisa membuat ponsel menjadi lebih rentan terpapar virus atau malware. Berbeda dengan Android yang sudah jelas memberikan kebebasan kepada pengguna untuk membagikan data menggunakan Bluetooth.

4.     Dari segi penggunaan aplikasi

Jumlah aplikasi yang ada di dalam Google Play Store memang tidak bisa terhitung lagi. Hal tersebut jelas saja berbeda dengan App Store yang justru tidak semua pengembang aplikasi dapat memasukkan aplikasi buatannya ke dalam App Store lho.

Pada ponsel Android, pengguna bisa dengan bebasnya install aplikasi dalam format .apk melalui situs web mana saja. Sementara untuk di iOS iPhone pengguna tidak akan bisa install aplikasi selain dari App Store.

Mengenal Perbedaan iOS dan Android, Mana Lebih Unggul

5.     Dari segi modifikasi tampilan ponsel

Perbedaan dari iOS dan Android berikutnya bisa dilihat dari segi modifikasi ponsel. iPhone tidak akan memberikan izin kepada pengguna untuk mengatur ulang home screen, seperti logo, tema hingga transisi slide pada home screen. Pengguna hanya bisa mengganti wallpaper saja.

Sedangkan untuk Android sudah memberikan izin kepada pengguna mengubah tampilan layar ponsel sesuka hati. Terlebih lagi bila kamu lebih cepat bosan, maka tentu saja dibutuhkan ponsel Android untuk mengganti tema agar tidak monoton.

6.     Dari segi harga jual dan beli

Perbedaan iOS dan Android yang terakhir ini bisa kamu ketahui dari harga beli. Produk besutan Apple Inc. Dijual dengan harga relatif lebih tinggi, seperti halnya iPhone X dengan kapasitas memori penyimpanan internal 68GB saja dijual dengan harga kurang lebih 27 juta rupiah.

Sedangkan untuk ponsel Android bisa kamu beli dengan harga yang cukup terjangkau, tidak sampai sekitar puluhan juta rupiah. Sementara untuk harga jual iPhone bekas relatif tidak turun drastis, lalu untuk Android memang harga jual bekasnya bisa turun dengan tajam.

Sebelum menentukan ingin menggunakan ponsel mana. Perbedaan iOS dan Android di atas bisa menjadi wawasan informasi tambahan bagi kamu yang masih bingung memilih iPhone ataukah smartphone Android.