Mengenal Developer Option di Smartphone Android

Mengenal Developer Option di Smartphone Android

Apakah kamu sudah mengenal developer option? Sebenarnya, apa itu developer option? Masih berkaitan dengan gadget seperti smartphone yang sudah umum dimiliki dan digunakan banyak orang.

Tidak dapat dipungkiri bahwa smartphone yang kamu miliki dan gunakan setiap waktu menyimpan beberapa hal yang mungkin tidak diketahui masyarakat umum. Beberapa hal tersebut bisa jadi bermanfaat bagi pengguna telepon pintar.

Salah satu hal yang menarik, yaitu mengenal developer option yang ada di dalam smartphone. Kamu yang penasaran dengan hal itu silahkan membaca artikel ini hingga tuntas karena akan menguraikannya panjang lebar.

Mengenal Developer Option di Smartphone

Mengenal Developer Option di Smartphone Android

Developer option jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti pilihan pengembang. Maksudnya, pengembang smartphone yang memiliki sebuah fitur pilihan tersembunyi.

Fitur tersebut tidak diketahui oleh pengguna telepon pintarnya karena memang sengaja disembunyikan. Lalu, kenapa fiturnya perlu disembunyikan? Hal itu dikarenakan fiturnya memang tidak bermanfaat atau tidak penting secara langsung untuk para pengguna.

Kamu sebagai salah satu pengguna smartphone tentu hanya menggunakan fitur-fitur utamanya untuk berkomunikasi. Selain itu, beberapa aplikasi juga bisa digunakan untuk mendukung aktifitas keseharian.

Berbeda dengan pihak pengembang yang tidak perlu lagi mengenal developer option karena mereka pencipta smartphone tersebut. Developer yang menciptakan mulai dari semua hardware atau perangkat keras hingga software atau perangkat lunaknya.

Smartphone yang sudah jadi tidak langsung dijual di parasan karena harus diuji terlebih dulu. Tujuannya untuk mengetahui kualitas dan kuantitas telepon pintar tersebut sudah layak diperjualbelikan secara bebas atau belum.

Khususnya smartphone berbasis Android yang developernya perlu menguji semua aplikasi bawaan yang sudah diinstal di dalamnya. Cara pengujiannya melalui fitur developer option dan dilakukan untuk semua aplikasi di dalam smartphone.

Dengan kata lain, pihak developer perlu mengetahui sebuah aplikasi cocok atau tidaknya diinstal di smartphone Android menggunakan fitur developer option. Oleh karenanya, fitur ini memang sangat penting dan berguna bagi pihak pengembang.

Lalu, apakah semua smartphone berbasis OS Android memiliki fitur developer option di dalamnya? Ya, semua telepon pintar Android yang beredar sekarang di pasaran memiliki fiturnya.

Itulah sedikit pengantar perihal mengenal developer option sebagai salah satu fitur tersembunyi di smartphone Android. Kamu yang memilikinya memang perlu mengetahui informasinya.

Apa Manfaat Mengenal Developer Option bagi Pengguna Smartphone Android?

Mengenal Developer Option di Smartphone Android

Tentu saja fitur tersebut ada manfaatnya, meskipun tersembunyi dan tidak begitu penting untuk digunakan. Kamu tentu penasaran dengan lokasi atau letak developer option tersebut. Hal tersebut wajar saja karena fitur yang satu ini memang belum diketahui keberadaannya.

Salah satu manfaat mengenal developer option yang bisa kamu gunakan, yaitu mengkoneksikan USB mode debugging dengan smartphone ke perangkat personal computer (PC). Mungkin untuk memindahkan data-data di telepon pintar ke CPU, atau sebaliknya.

Kamu bisa mempraktikkannya sendiri cara tersebut karena cukup mudah. Namun sebelum memanfaatkan fitur tersebut, kamu harus membuka dan mengaktifkannya terlebih dulu. Caranya, masuk dulu ke menu Setting atau pengaturan.

Setelah itu, pilih About Phone atau tentang telepon. kamu bisa membaca informasi hardware dan software yang diaplikasikan pada smartphone tersebut secara detail. Jika dianggap penting, silahkan screenshot saja halaman tersebut agar bisa disimpan.

Selanjutnya, scroll ke bawah untuk memilih Software Information atau informasi perangkat lunak yang digunakan di smartphone. Pilih Build Number untuk bisa mengaktifkan fitur developer option yang diinginkan.

Silahkan balik ke menu Setting dan di dalamnya sudah ada pilihan developer option. Kamu klik saja untuk bisa membuka dan mengaktifkannya. Setelah diaktifkan, kamu bisa menyambungkan USB mode debugging untuk smartphone dan PC.

Selanjutnya, kamu bisa mentransfer data antar dua gadget tersebut seperti yang diinginkan. Jadi, informasi mengenal developer option tetap ada manfaatnya meskipun tidak begitu penting.

Hal itu dikarenakan fitur ini memang khusus diciptakan oleh pihak pengembang untuk menguji smartphone beserta semua aplikasi bawaannya yang terinstal di dalamnya. Kamu sebagai salah satu penggunanya tidak ada salahnya mengetahui fitur tersebut.

Ternyata ada sebuah fitur tersembunyi yang mungkin belum semua pengguna smartphone mengetahuinya. Fitur khusus yang sangat bermanfaat bagi pihak pengembang. Namun sekarang, kamu juga sudah mengenal developer option sebagai fiturnya.