Mengintip 7 Teknologi Gadget

Mengintip 7 Teknologi Gadget Terbaru

Tampaknya tahun ini segara hadir banyak teknologi gadget terbaru. Virus corona yang sudah ada 3 tahun terakhir melahirkan era baru dalam berbagai aspek kehidupan, tidak ketinggalan pada teknologi komputasi.

Fenomena ini dapat disaksikan dengan banyaknya perusahaan raksasa gadget yang mengeluarkan seri komputasi terbarunya. Tujuannya adalah untuk menyesuaikan dengan tuntutan zaman yang serba baru dan digital.

Dengan adanya teknologi baru tersebut, diharapkan mampu memberikan kemajuan dalam berbagai sektor kehidupan. Serta diharap pula membantu dalam memudahkan berbagai pekerjaan selama masa pandemic masih berlangsung.

Teknologi Gadget Terbaru Berikut Ini

Beberapa teknologi gadget terbaru hadir dalam kehidupan menyusul dengan kebutuhan zaman yang semakin modern. Hal ini juga didukung dengan adanya peralihan ke sistem komputasi selama masa pandemi sejak akhir tahun 2019 lalu.

Mengintip 7 Teknologi Gadget

  1. PCI Express 6.0

Dalam standar penggunaan bus komputer, PCI Express merupakan teknologi yang umum digunakan. Penggunaannya untuk kartu grafis dan penyimpanan dengan kecepatan tinggi. Tahun ini, versi PCI terbaru dapat dihadirkan.

PCI terbaru ini dapat digunakan menghasilkan bandwith 64 GT/detik serta 126 GB perdetik untuk konfigurasi 16 lane. Menggunakan modulasi 4 level amplitude yang berguna untuk meingkatkan transfer data dan koreksi kesalahan.

  1. Intel Arc

Intel merupakan nama yang tidak asing dalam penggunaan teknologi prosesor. Terbaru Intel akan membuat produk GPU diskrit yang diberi nama Intel Arc. Hadirnya teknologi gadget terbaru ini, akan meningkatkan persaingan antara Nvidia Geforce dan AMD Radeon.

Produk Intel tersebut telah dilengkapi dukungan ray-tracing, supersampling hingga DirectX 12 Uktimate. Untuk versinya akan hadir dalam versi mobile untuk laptop dan varian kartu grafis. Intel tidak akan memproduksinya sendiri melainkan oleh pabrikan TSMC.

  1. AMD 3D V-Cache

AMD memperkenalkan sebuah produk baru besutannya dalam acara Customer Electrinic Show 2022 lalu. Ini adalah sebuah sistem dalam pengemasan dengan menggunakan sejumlah memori cache di core CPU.

Tujuan penggunaannya untuk menambah kapasitas memori cache agar lebig besar meski ukuran chipnya hampir sama. AMD 3D V-Cache tersebut akan memperbesar kapasitas hingga 64 MB.

  1. AMD Zen 3+

Zen 3+ akan ikut diluncurkan pada tahun 2022 ini. produk ini sebenarnya merupakan improvisasi dari Zen 3. Zen 3+ akan ditanamkan pada laptop pada prosesor APU AMD Ryzen 6000. Di dukung penggunaannya PCI Express 4.0.

Produk tersebut merupakan kali pertamanya AMD mendukung DDR5 lewat produknya. Penggunaan GPU dengan arsitektir RDNA 2. TSMC 6FF akan menjadi produsen Zen 3+ dari AMD.

Mengintip 7 Teknologi Gadget

  1. AMD Zen 4

Tidak hanya itu, AMD juga mengenalkan teknologi gadget terbaru miliknya yang diberi nama Zen 4. Zen 4 didukung dengan RAM DDR5 serta PCI Express 5.0. AM5 juga disematkan dalam soket processor desktop.

Soket AM% tersebut hadir dalam tipe LGA dengan 1718 pin. Perangkat ini akan disematkan pada produk AMD Ryzen seri 7000 serta proses fabrikasi 5nm dari pabrikan TSCM. Peluncuran resminya akan diadakan pada pertengahan tahun 2022.

  1. Advanced Matrix Extension

Intel masih masih akan meluncurkan processor terbaru x86 yang akan diberi nama Advamcwd Matrix Extension. AMX merupakan suatu sistem operasi matrix yang banyak digunakan pada AI (kecerdasan buatan) dan Machine Learning.

AMX akan hadir dengan salah-satu unit Tile Matrix Multiply Unit dengan dukungan BF16 dan INT8. Nama kodenya adalah Sapphire Rapids. Rencana peluncurannya akan dilakukan pada pertengahan tahun 2022.

  1. Mac Studio & Apple M1 Ultra

Perusahan raksasa gadget tampaknya juga akan meluncurkan produk baru di tahun 2022. Apple akan merilis produk komputer yang mengusung nama Mac Studio. Produk komputer tersebut merupakan jenis desktop tipe small form factor. Dengan ini komputer tersebut akan memiliki ukuran yang lebih kecil dari komputer pada umumnya.

Jika dibandingkan dengan produku yang pernah dirilis sebelumnya, Apple menghadirkan perangkat keras yang lebih mantap yakni dengan adanya AoC Apple M1 Ultra. Dilengakpi dengan dua chip Apple M1 Max.

Hadirnya produk baru ditengah sistem digital dan komputasi saat ini merupakan angin segar dalam bidang teknologi. Di harapkan ke depannya dapat memberikan pengaruh dan manfaat untuk besar dengan adanya teknologi gadget terbaru tersebut.